Review Buku: Cloud Computing

Judul Buku : Cloud Computing, Manajemen dan Perencanaan Kapasitas
Nama Penulis : Riko Herwanto, Onno W. Purbo, RZ. Abd. Aziz
URL Berkas : http://ebukune.my.id atau https://andipenerbit.wordpress.com/2021/01/12/review-buku-cloud-computing/
URL Beli : https://play.google.com/store/books
URL Perpusnas : https://isbn.perpusnas.go.id/
ISBN/ISSN : 978 – 623 – 01 – 0881 – 5
Penerbit : Penerbit ANDI Yogyakarta
Tahun : 2020
Jumlah Halaman : vii + 168
NILAI : 80

Review:

  • Buku ini berjudul CLOUD COMPUTING – Manajemen dan Perencanaan Kapasitas, yang diterbitkan oleh Penerbit ANDI pada tahun 2020 
  • Secara umum buku ini membahas tentang Komputasi awan atau cloud computing, komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, dengan pengguna komputer diberikan hak akses (login). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metode komputasi, yang kapabilitas terkait teknologi informasinya disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui internet (di dalam awan) tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Materi di dalam buku ini membahas:
  • Karakteristik cloud
  • Bentuk dan pemodelan cloud computing
  • Layanan cloud computing
  • Manajemen kapasitas cloud
  • Mengelola kapasitas cloud
  • Perencanaan kapasitas
  • Pengukuran kapasitas
  • Desain manajemen kapasitas
  • dan lain sebagainya

Materi buku cukup menarik karena era cloud computing di depan mata dan sangat marketable. Bahasan sangat detail dan praktis sehingga kombinasinya cukup menarik untuk didalami baik mahasiswa, praktisi atau administrator jaringan.

Bab 1:

Pada awal bab, buku ini menjelaskan bagaimana konsep komputasi di awan atau cloud, di mana konsep ini telah menghasilkan solusi metode komputasi yang baru, tidak hanya jaringan komputer secara kasat mata, akan tetapi sudah dapat menjadi metode komputasi sebagai layanan atau service. Beberapa model cloud computing dijelaskan dengan detail pada bab ini, sehingga dapat memberikan wacana dan gambaran baru tentang teknologi komputasi ini di masa yang akan datang.

Beberapa komponen pembentuk cloud computing dijelaskan dengan teknis dan detail akan tetapi tidak meninggalkan kemudahan informasi yang dikandung di dalamnya. Pembaca akan diberikan gambaran pengembangan dan kemungkinan perkembangan teknologi ke depan, sehingga kita dapat mendapatkan gambaran dan kemungkinan pemanfaatannya dalam membantu mengembangkan ilmu pengetahuan tentang cloud computing ini.

Teknologi yang berkembang di cloud computing ini tidak terlepas dari semakin berkembangnya teknologi komputer secara virtual, atau disebut dengan virtualisasi komputer akibat dari perkembangan hardware yang sedemikian pesat.

Bab 2:

Setelah memahami konsep dasar pada bab 1, pada bab 2 ini lebih menekankan pada bagaimana melakukan manajemen kapasitas di cloud. Manajemen kapasitas ini diperlukan untuk memberikan perkiraan gambaran ke depan penggunaan cloud computing untuk lebih tepat dan sesuai sasaran, dengan tujuan pemakaiannya.

Strategi pemilihan layanan diperlukan untuk memperkirakan daur hidup penggunaan cloud computing dalam menjalankan proses bisnis penggunanya. Dengan melakukan manajemen kapasitas ini akan dapat dilakukan mitigasi jika terjadi masalah, karena perkembangan kebutuhan terkadang dapat di luar rencana awal saat desain pertama kebutuhan diperhitungkan. Penyelarasan (tuning) awal dan optimalisasi layanan serta komponen diperlukan untuk keberlangsungan proses yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan serta ketersediaan layanan. 

Bab 3:

Manajemen kapasitas telah dirancang, pada bab 3 ini lebih menekankan bagaimana pengelolaan saat penggunaan Cloud Computing sebagai bagian dari proses bisnis yang telah diputuskan pada awal perencanaan. Perencanaan yang menyeluruh dapat memberikan alternatif mitigasi jika terjadi permasalahan dalam prosesnya. Pemantauan serta perhitungan biaya perangkat keras, perlu dimasukkan dalam manajemen risiko bisnis yang berbasis Information Technology (IT).

Bab 4:

Pada bab sebelumnya telah dibahas step by step mengembangan konsep cloud computing yang benar. Pada bab 4 ini penekanan pada perhitungan beban yang diperlukan untuk merencanakan dengan matang kapasitas penggunaan Cloud Computing yang optimal. Perencanaan ini cukup menyeluruh yang memerhitungkan prospek bisnis ke depan, bagaimana migrasinya, perencanaan keuangannya, dan bagaimana eksekusi di lapangan dengan memerhitungkan  pula unsur Sumber Daya Manusia (SDM).

Bab 5:

Pada bab ini menekankan pada pengukuran kapasitas cloud computing didasarkan pada penghitungan rata-rata beban server, CPU, metrik kinerja hingga konsumsi sumber dayanya.Pada bab ini juga menekankan perlunya bagaimana mengukur serta memantau aplikasi yang digunakan selama penggunaan cloud computing dalam satuan tertentu sehingga dapat tergambar jelas beban kerja dalam satuan waktu tertentu. Perhitungan yang cermat tentang kapasitas penyimpanan data oleh pengguna dapat dikalkulasi dengan cermat. Pada bab ini dapat digunakan bagaimana menentukan metoda perhitungan pengukuran data pengguna baik itu besaran file, dan kebutuhan bandwidth nya.

Bab 6:

Setelah perhitungan dikalkulasi dengan cermat, desain manajemen kapasitas dibahas dengan lengkap di bab 6 ini. Berbagai pendekatan dikemukakan untuk memberikan ruang gerak pemutusan prosedur dengan baik di berbagai lapisan pekerjaan. Hasil dari proses desain adalah arsitektur yang memerhitungkan pula proses modifikasi atau mitigasi jika terjadi perubahan di berbagai hal saat dieksekusi.

Kesimpulan

Buku ini cukup lengkap dan tuntas secara detail menunjukkan bagaimana memutuskan penggunaan Cloud Computing dalam proses industri yang melibatkan Teknologi Informasi dalam memercepat proses bisnis dalam sebuah perusahaan. Beberapa langkah perlu dicermati pada setiap babnya, karena setiap langkah dengan detail telah ditunjukkan di buku ini, sehingga diperlukan kecermatan dalam menentukan proses baik itu perencanaan, mitigasi, hingga penentuan arsitektur hasil dari penerapan proses cloud computing ini. Buku ini dapat digunakan pula sebagai referensi cloud computing yang sangat lengkap, mengingat buku tema ini masih sangat langka di Indonesia. Masa depan Cloud Computing akan membalikkan kebutuhan IT saat ini yang masih berkutat pada PC secara fisik, di mana kedepannya akan tergantikan dengan teknologi virtualisasi yang semakin masuk ke semua lini Teknologi Informasi.

REVIEWER:

Nama : Edi S. Mulyanta S. Si., M.T
Scholar : https://scholar.google.com/citations?user=tYwUNqsAAAAJ&hl=id&oi=ao
Institusi / Org. : http://ebukune.my.id
Alamat : Jl. Beo 38-39
Email : edis.mulyanta@gmail.com
Telp / Chat : 08112936864

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s