Review Buku: Jaringan Nirkabel 5G Berbasis Cloud

Judul Buku : Jaringan Nirkabel 5 G Berbasis Cloud
Reliability, Mobility, Energy Efficiency, Latency. 
Nama Penulis : Onno W. Purbo, Kurnia Mulidi, Tosy Caesar Kurniawan
URL Berkas : http://ebukune.my.id
URL Beli : https://play.google.com/store/books/details?id=jIUaEAAAQBAJ
URL Perpusnas : https://isbn.perpusnas.go.id/
ISBN/ISSN : 978 – 623 – 01 – 0880 – 8
Penerbit : Penerbit ANDI Yogyakarta
Tahun : 2020
Jumlah Halaman : viii + 120
NILAI : 87

Review:

  • Buku ini berjudul Jaringan Nirkabel 5 G Berbasis Cloud – Reliability, Mobility, Energy Efficiency, Latency, yang diterbitkan oleh Penerbit ANDI pada tahun 2020 
  • Secara umum buku ini membahas tentang pengembangan jaringan nirkabel, jaringan 5G, jaringan berbasis cloud,

Materi buku cukup menarik karena era cloud computing di depan mata dan sangat marketable. Bahasan sangat detail dan praktis sehingga kombinasinya cukup menarik untuk didalami baik mahasiswa, praktisi atau administrator jaringan.

Bab 1:

Pada awal bab, buku ini menjelaskan bagaimana konsep pengembangan teknologi nirkabel, dimana ke depan diprediksi bahwa teknologi komunikasi mobile generasi lima atau 5G akan dapat memenuhi kebutuhan masa depan akan keinginan pengguna dalam menggunakan layanan jaringan nirkabel yang cerdas dan semakin personal. Dengan pesatnya perkembangan perangkat yang dapat dipakai, Internet of Things (IoT), Internet of Vehicle (IoV), dan lain-lain, baik jumlah dan jenis smart devices yang mengakses jaringan nirkabel akan membanjiri kemampuan jaringan yang ada.

Akibat melonjaknya permintaan layanan data seluler broadband untuk transmisi data berkecepatan tinggi, latensi rendah, sehingga mendorong para operator komunikasi untuk menempatkan peralatan stasiun pangkalan yang semakin intensif untuk memenuhi kapasitas jangkauan kelompok-kelompok pengguna di berbagai wilayah dan hotspot.

Bab 2:

Bab ke-2 menjelaskan konsep Cloud Networking dimana saat ini konsep ini menjadi pendekatan baru untuk membangun dan mengelola jaringan pribadi yang aman melalui internet publik dan melalui infrastruktur komputasi awan. Jaringan pribadi akan bermigrasi ke perangkat yang lebih universal secara komersial membentuk platform terpadu melalui teknik virtualisasi, sumber daya komputasi, penyimpanan, dan jaringan universal.

Bab 3:

Pada bab ini dibahas dengan detail beberapa platform cloud untuk jaringan. Pembahasan detail dan kompleks mulai dari pemahaman cloud computing hingga proses migrasinya.  Cloud computing adalah sejenis komputasi berbasis internet yang menyediakan sumber daya pemrosesan dan data secara bersamaan sesuai permintaan. Platform cloud banyak digunakan untuk mengelola sumber daya dan fungsi jaringan virtual untuk menyediakan lebih banyak pilihan konektivitas, kinerja yang lebih baik, dan harga yang lebih rendah.

Bab 4:

Pada bab ini membahas bagaimana menjadikan jaringan yang mempunyai keandalan tinggi serta bagaimana mengoptimalkan dan mengembangkan arsitektur jaringan yang ada. Pengaturan konfigurasi yang fungsional pada elemen jaringan dalam perangkat lunak yang terintegrasi dengan infrastrukturnya, akan menghasilkan arsitektur jaringan yang fleksibel. Pada bab ini juga dibahas bagaimana teknologi Caching dapat berperan, sehingga lalu lintas jaringan yang padat dapat diminimalkan ketika pengguna menjelajahi internet, sehingga kecepatan akses dapat ditingkatkan secara luas. Teknik distribusi konten dibahas pula untuk menyediakan kinerja jaringan yang tinggi dalam menghadapi lama waktu tunggu, kehilangan data, dan unduhan yang besar.

Bab 5:

Konsumsi daya serta energi yang tinggi di seluruh dunia akibat dari pemanfaatan Teknologi Informasi dibahas di bab ini. Layanan data nirkabel dan meningkatnya jumlah stasiun pangkalan menyebabkan pertumbuhan yang luar biasa dalam konsumsi energi, yang menyebabkan pencemaran lingkungan yang serius. Beberapa konsep pengurangan energi antara lain adalah mengurangi router atau switch, mengurangi pendingin udara, menghemat energi dan konsep SDN – Software Defined Networking. 

Bab 6:

Bahasan bab ini menekankan pada konsep setiap orang dapat mengakses informasi, berbagi data, dan terhubung ke semua hal kapan saja dan di mana saja. Dunia yang serba terhubung seperti itu tanpa batasan informasi akan sangat mendorong perkembangan dan pertumbuhan ekonomi sosial. Sistem 5G diharapkan dapat memberikan skalabilitas yang cukup besar, memungkinkan sistem memenuhi berbagai permintaan, sekaligus menjaga efisiensi biaya, energi, dan sumber daya

Bab 7:

Bahasan bab terakhir di buku ini membahas aplikasi berdasarkan 5G yang berbasis Shared Network Area (SNA) yang efisien, atau berbasis pada Multi-Operator Core Network (MOCN) sehingga setiap pelanggan tidak hanya mengakses satu jaringan tetapi bisa menggunakan semua jaringan. Konvergensi infrastruktur juga dibahas di bab ini sehingga pengguna yang bergerak melintasi jaringan dapat mengakses layanan dengan mulus walaupun menggunakan perangkat yang berbeda.

Kesimpulan

Buku ini cukup lengkap dan tuntas secara detail menunjukkan bagaimana seharusnya pembaca bersikap tentang perkembangan teknologi jaringan 5 G yang telah semakin populer diperbincangkan. Buku ini secara teknis membahas dengan detail dan lengkap bagaimana perkembangan 5 G, dan roadmap dalam memahaminya sehingga pembaca dapat mengetahui perkembangan teknologi ini ke depan dan prasyarat teknologi apa yang menjadi bagian dari kehadiran 5 G ini. Intinya, untuk mengatasi persyaratan baru 5G, seperti kapasitas dan kecepatan data yang lebih tinggi, dukungan jumlah perangkat terhubung yang tinggi, keandalan yang lebih tinggi, fleksibilitas yang lebih besar, dan dukungan topologi spesifik domain aplikasi, diperlukan konsep dan pendekatan desain baru.

REVIEWER:

Nama : Edi S. Mulyanta S. Si., M.T
Scholar : https://scholar.google.com/citations?user=tYwUNqsAAAAJ&hl=id&oi=ao
Institusi / Org. : http://ebukune.my.id
Alamat : Jl. Beo 38-39
Email : edis.mulyanta@gmail.com
Telp / Chat : 08112936864

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s