ENERGI SURYA: Konversi Termal & Fotovoltaik

Masalah energi yang dihadapi oleh pemerintah adalah penghematan bahan bakar minyak, sehingga subsidi energi sangat diperlukan. Untuk itu perlu dilakukan diversivikasi pemanfaatan energi sehingga pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) menjadi keharusan untuk dimanfaatkan. Sekarang ini pemerintah melakukan kebijakan nasional untuk melaksanakan pemanfaatan bauran energi yang berasal dari EBT.

Energi surya merupakan salah satu bagian dari sumber daya EBT, perlu mendapat perhatian. Energi surya penghasil energi langsung berupa jenis termal dan fotovoltaik. Pemanfaatan energi surya jenis termal melibatkan, alat konversi energi berupa alat kolektor sebagai pengumpul energi matahari yang berguna untuk pemanasan fluida kerja yang mengalir di dalamnya. Fluida antara lain berupa udara, air, refrigeran sebagai zat untuk pendinginan, misalnya larutan ammonia, dan Iain-lain. Jenis fotovoltaik prinsipnya mengubah energi gelombang elektromagnetik matahari langsung menjadi energi listrik, yang diubah di dalam sel surya (solar cell). Selanjutnya, energi tersebut dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, penerangan jalan, menjalankan alat pendingin, dan lain-lain.

Keuntungan pemanfaatan energi surya, di samping ramah lingkungan, tersedia sepanjang masa, juga dapat dimanfaatkan di pedesaan sekalipun. Secara ringkas buku ini membahas:

• Pemahaman tentang radiasi matahari di luar atmosfir bumi dan radiasi di permukaan bumi; Geometri radiasi matahari dan sudut tiba radiasi; Alat ukur radiasi dan prediksi radiasi global dan difusi; Perhitungan panjang hari dan waktu lokal.

• Cara kerja kolektor zat cair, kinerja dan efisiensi. Transmisi radiasi dari sistem penutup sampai ke absorber. Analisis transien dan pengetesan kolektor.

• Pembahasan tentang kinerja alat pemanas udara, penjelasan beberapa tipe lain alat pemanas udara, prosedur pengetesan dan aplikasi alat pemanas udara.

• Penjelasan kolektor-kolektor konsentrasi, menggunakan reflektor, kolektor parabolik silinder, mode jejak dan orientasi dan analisis kinerja.

• Penjelasan tentang alat distilasi air asin dengan tenaga surya, sirkuit pada alat distilasi tenaga surya

• Pengetahuan tentang semikonduktor, doping, efek fotovoltaik, karakteristik srus-tegangan, contoh-contoh soal aplikasi dan penyelesaiannya.

• Pengenalan material berubah fase padat cair (PCM),senyawa-senyawa serta sifat-sifat fisik alkana dan lilin paraffin, penjelasan tentang alat penyimpan panas laten.

Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh perhitungan, dan pada akhir setiap bab diberikan penyelesaian soal-soal disertai pertanyaan-pertanyaan guna menambah pemahaman tentang masalah pemanfaatan energi surya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s