Komitmen Mengajar – Bagi yang Terpanggil untuk Mengajar

Komitmen adalah kemampuan dan kemauan untuk menyelaraskan perilaku pribadi dengan kebutuhan, prioritas dan tujuan organisasi . Hal ini mencakup cara-cara mengembangkan tujuan atau memenuhi kebutuhan organisasi yang intinya mendahulukan misi organisasi dari pada kepentingan pribadi.

Komitmen dapat juga berarti penerimaan yang kuat dari individu terhadap tujuan dan nilai-nilai organisasi , dan individu berupaya serta berkarya dan memiliki hasrat yang kuat untuk tetap bertahan di organisasi tersebut. Komitmen merupakan bentuk loyalitas yang lebih konkrit dengan cara melihat sejauh mana karyawan mencurahkan perhatian, gagasan, dan tanggung jawabnya dalam upaya organisasi/ institusi dalam mencapai tujuan.

Komitmen merupakan keadaan psikologis yang mengidentifi kasikan suatu keterbukaan individual yang diasosiasikan dengan hasrat untuk melibatkan diri. Komitmen dosen dimaknai sebagai faktor penentu yang memengaruhi proses Pengajaran dan belajar mahasiswa . Komitmen merupakan suatu tekad yang kuat sehingga untuk mendorong dan mewujudkannya tidak terlepas dari beberapa rintangan yang mungkin dihadapi.

Ketika ada interaksi antara dosen dengan mahasiswa akan terbangun pula suatu hubungan pembelajaran yang berkualitas. Dari proses belajar mengajar inilah lahir generasi cerdas di masa depan. Mengajar adalah bagian dari Tridharma dosen dan tidak terlepaskan dari tanggung jawab profesinya. Mengajar adalah bentuk memperluas ilmu yang dimiliki, memperluas cakrawala, menebar ilmu-ilmu yang bermanfaat apa pun bidang ilmunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s