LANSKAP PRODUKTIF PERKOTAAN: Pengembangan Ekosistem Kota Menuju Kota Ekologis

Lanskap produktif perkotaan mengembangkan lanskap perkotaan dengan mengoptimalkan fungsi produktif tanaman (terutama tanaman yang dapat dimakan/edible plant dan memenuhi fungsi kebutuhan hidup manusia lainnya secara ekologi, sosial, dan ekonomi), dan layanan ekosistem kota dengan membentuk ruang hijau sehingga kota dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman, sehat, dan indah. Komponen biotik ekosistem: manusia, tanaman, dan satwa, dapat menjadikan kota sebagai habitat dalam keselarasan keanekaragaman hayati (biodiversity ) dengan lingkungan abiotiknya.

Kajian lanskap produktif perkotaan dalam buku ini mengaitkan kajian penghijauan dan pekarangan perkotaan, konservasi, perencanaan lingkungan, dan kapasitas masyarakat untuk mengembangkan ekosistem kota menuju kota ekologis. Pembahasan objek lanskap, makna produktif, dan aspek-aspek perkotaan diulas serta dikaji mendalam dari berbagai perspektif, baik berdasarkan pengalaman dan bidang keahlian penulis. Mulai dari pemahaman awal, teori dan penelitian terkait, hubungan dan keterkaitan lanskap – ekosistem – ekologi, eksplorasi ide – konsep dan desain serta penyajian hasil penelitian.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari tim peneliti “Pengembangan Lanskap Produktif Perkotaan untuk Kota Yogyakarta” dari Universitas Gadjah Mada. Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan destinasi wisata utama di Indonesia sangat relevan menjadi lokasi penelitian. Tim peneliti sendiri berasal dari beberapa latar pendidikan, yaitu Budidaya Pertanian (Lanskap, Hortikultura), Konservasi (Pariwisata Alam, Kehutanan), Arsitektur (Permukiman Ekologis), dan Sosial Ekonomi Pertanian (Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian).

Secara komprehensif, bacaan ini sangat menarik dan dapat menjadi tambahan pengetahuan berkualitas untuk semua kalangan dari berbagai bidang ilmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s