ON THE JOB TRAINING

On the Job Training merupakan pendekatan pelatihan untuk melatih seseorang mempelajari suatu pekerjaan sambil mengerjakannya, sehingga para peserta pelatihan mendapatkan pengalaman secara langsung. Pengalaman yang dimaksud adalah berupa pengalaman kerja sesuai dengan kejuruannya, sehingga proses On the Job Training dapat tercapai. Metode pendekatan On theJob Training terdiri dari On the Spot Lecture, Viewed Performance, Following, Job Aid Approach, The Training Step, Sequence. On the Job Training memiliki jenis-jenis training lapangan yang dapat digunakan sebagai penambahan pengalaman kerja lapangan. Jenis-jenis On the Job Training, yaitu Job Instruction Training, Performance Aids, Job Rotation, Apprenticeship Program/Internship, Coaching, Mentoring, serta kombinasi seperti Manajemen Proyek dan Metode Pendekatan Pelatihan.

Kesiapan magang merupakan salah satu program wajib yang ada di tingkat perguruan tinggi demi terciptanya output yang kompeten sesuai dengan kebutuhan dari dunia usaha dan dunia industri. Ada beberapa hal yang harus disiapkan, antara lain mental, target, bujet, dan pengetahuan yang memadai. Sedangkan strategi magang, antara lain jangan terlambat/on time, berpakaian rapi, mempergunakan alat komunikasi dengan bijak, mengenali lingkungan kerja, pegawai magang yang proaktif, jangan pernah mengeluh, teliti dalam bekerja, jalin koneksi dengan rekan kerja secara baik, kesan yang baik di tempat magang.

Buku ini memberikan gambaran secara detail tentang On the Job Training mulai dari metode pendekatan, jenis-jenis, kesiapan magang, strategi magang, dan referensi format pembuatan laporan magang, serta gambar-gambar ilustrasi yang disajikan turut mendukung pemaparan dari isi buku ini. Penjelasan tentang On the Job Training yang disiapkan untuk magang para siswa SMK dan umum serta untuk referensi gambaran pembuatan laporan magang yang mudah untuk dipahami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s