Pengantar Ilmu Perikanan

Perikanan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ikan dalam arti luas. Ikan dalam arti luas artinya tidak hanya ikan yang bersirip dan bernafas dengan insang saja tapi juga termasuk non ikan seperti udang, lobster, rajungan, kepiting, ubur-ubur, cumi-cumi, kerang, teripang, paus, rumput laut, dan mutiara yang semuanya disebut komoditas perikanan.

Oleh karena itu bidang ilmu yang terkait dengan perikanan sesungguhnya sangat luas meliputi masalah biologi ikan sebagai induknya beserta ilmu-ilmu pendukungnya seperti ilmu kimia dan fisika perairan, lingkungan perairan, ekonomi perikanan dan sosial masyarakat perikanan dan konservasi perikanan. Kegiatan utama yang terkait dengan perikanan meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan hasil perikanan serta pengelolaan perairan dan perikanan. Karena luasnya ilmu perikanan maka mahasiswa perikanan semester awal dikenalkan terhadap dunia perikanan melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Perikanan.

Buku ajar mata kuliah Pengantar Ilmu Perikanan (PIP) ini terdiri dari 6 Bab Pokok Bahasan yaitu 1) Pendahuluan, 2) Ikan Sebagai Biota Perairan, B) Perikanan Tangkap, 4) Perikanan Budidaya, 5) Pengolahan Hasil Perikanan, dan 6) Pengelolaan Sumber daya Perairan. Buku ini ditujukan khususnya untuk mahasiswa Program Studi Perikanan semester awal. Namun demikian buku ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum pembaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s