Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek – Riri Fitrisari

 Teknologi pembuatan program perangkat lunak berkembang sangat cepat seiring dengan berkembangnya infrastruktur dan perangkat keras yang tersedia. Bidang ini menjadi sangat menarik karena selain tools dan sarana yang ada, terdapat banyak metode yang perlu dipelajari, sehingga pengalaman yang baik dalam pembuatan perangkat lunak sebelumnya dapat diterapkan di sistem yang akan dibuat berikutnya.

Buku Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Menggunakan PHP ini dibuat untuk digunakan pada program studi Teknik Komputer, Imu Komputer, Teknik Elektro, Teknik Informatika di sekitar tahun kedua perkuliahan. Buku ini disertai contoh penggunaan tools dalam mempelajari siklus hidup perangkat lunak.

Struktur materi buku ini sangat lengkap. Pada bagian awal disampaikan mengenai sejarah, definisi, komponen dan siklus hidup rekayasa perangkat Junak. Bagian-bagian selanjutnya juga menjelaskan tentang model pengembangan perangkat lunak dan manajemen pengembangan perangkat lunak. Juga dijelaskan tentang kualitas perangkat lunak dan paradigma rekayasa perangkat lunak, konsep pemrograman berorientasi objek, abstraksi, class, inheritance, polymorphism, dan hubungan antar-class. Penulis juga membahas pendekatan Unified Modelling Language untuk Object Oriented Programming (OOP) hingga implementasi 0OP pada PHP. Menjelang bagian akhir buku Penulis menjelaskan tentang Konsep Inheritance dan Polymorphism pada PHP Pattern pada Pemrograman Berorientasi Objek Berbasis PHP dan juga tentang studi kasus penerapan konsep-konsep yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada bagian akhir Penulisjuga memberikan contoh pemanfaatan framework PHP.

Dari buku ini kita dapat mengambil benang merah dari penerapan rekayasa perangkat lunak dengan memanfaatkan tools pemodelan UML dan bahasa pemrograman PHP. Kemampuan untuk menguasai dan mengimplementasikan pendekatan dalam Rekayasa perangkat lunak dengan mempelajari sejarah dan perkembangannya akan memungkinkan kita untuk ikut berkontribusi bagi kemajuan bangsa dalam Era Industri 4.0.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s