Sistem Kendali Proses Produksi

Buku berjudul SISTEM TEKNIK KENDALI berisi tentang teori dan contoh soal dengan penyelesaian menggunakan bahasa pemrograman MATLAB yang dikhususkan untuk jurusan Teknik Elektro. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi disiplin ilmu yang lain untuk mengembangkan sesuai dengan bidangnya.

Bab-bab dalam buku ini terdiri dari:

PENDAHULUAN; membahas tentang sistem pengendalian secara manual dan otomatis, istilah-istilah pada sistem pengendalian, sistem pengendalian loop terbuka dan tertutup, transformasi Laplace, penyelesaian persamaan diferensial linear dengan transformasi Laplace, persamaan tempat kedudukan, dan hubungan antara fungsi alih dan persamaan tempat kedudukan.

MODEL MATEMATIK SISTEM PROSES INDUSTRI; membahas tentang model tinggi permukaan cairan dan model heat exchanger.

TANGGAPAN SISTEM; membahas tentang sistem orde satu, sistem orde dua, sistem orde tinggi, dan penyelesaian persamaan diferensial dengan metode Runge-Kutta. 

KESTABILAN SISTEM; membahas tentang konsep kestabilan dan kriteria kestabilan Routh-Hurwitz.

IDENTIFIKASI PROSES; membahas tentang metode-metode identifikasi dan analisis kurva loop terbuka untuk menentukan model proses.

SISTEM PENGENDALIAN PID PADA INDUSTRI; membahas tentang pengendali PID, penalaan untuk pengendali PID, dan simulasi pengendalian suatu proses dengan pengendali PID.   

REDUKSI OSILASI DAN ELIMINASI OVERSHOOT PADA KURVA TANGGAPAN; membahas tentang pengendali PID untuk menghasilkan kurva osilasi berkesinambungan dan eliminasi overshoot kurva tanggapan loop tertutup. 

Penjelasan untuk menyelesaikan contoh soal dalam buku ini ditulis dengan lugas dan terstruktur sehingga para pembaca diharapkan cepat mengerti. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s