Sistem Mikroprosesor

Buku Sistem Mikroprosesor ditulis sebagai upaya untuk menambah perbendaharaan kepustakaan mengenai bidang teknologi informasi, khususnya untuk membantu mahasiswa dan akademisi yang ingin mempelajari sistem mikroprosesor agar mampu dan paham dalam menggunakan rangkaian elektronika untuk prosesor sesuai dengan kehendak perancang. Pada dasarnya Sistem Mikroprosesor adalah suatu mata kuliah yang diajarkan di perkuliahan mulai tahun 80-an. Mata kuliah ini sangat erat berhubungan dengan mata kuliah Elektronika Digital dan Analog.

Sistem Mikroprosesor secara garis besar mempelajari bagaimana menggunakan sensor cahaya antara siang dan malam dengan sensor LDR, lalu pembuatan rangkaian kontrol lampu taman atau lampu garasi/ teras otomatis yang akan menyala begitu datangnya malam karena gelap dan akan padam (off ) secara otomatis di waktu siang dengan timbulnya sinar matahari. LDR akan bertambah atau akan meningkat tahanannya bila gelap, dan konsekuensinya kalau terang LDR tahanannya akan kecil atau turun.

Aplikasi yang lain antara lain perparkiran otomatis, counter tamu otomatis. Semua aplikasi kehidupan sehari-hari ini akan diproses dengan mikroprosesor mulai dari zilog-80 sampai di PC komputer paling terakhir yang ada di pasaran, seperti Z-80,Atmel,ATMEGA, PLC, PIC, dan PC komputer biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s