Sejumlah aktivitas penting pemimpin, mulai dari memimpin meeting, memberikan briefing, memotivasi tim, negosiasi, mendelegasikan tugas, berdiskusi, berargumentasi, menyampaikan visi misi organisasi, presentasi laporan kerja, presentasi rencana kerja, menyampaikan kebijakan perusahaan, menegur kesalahan tim, menegakkan aturan kerja, maupun memberi apresiasi tim, mengembangkan tim, melakukan mentoring dan coaching, semuanya itu memerlukan kemampuan komunikasi pemimpin.

Komunikasi pemimpin berdampak luar biasa terhadap efektivitas pemimpin. Betapa pentingnya seorang pemimpin punya kemampuan komunikasi pemimpin. Speak to Lead memperjelas tentang bagaimana seharusnya pemimpin berbicara; memperjelas pentingnya peranan komunikasi pemimpin untuk mendukung pencapaian tujuan kepemimpinan. Apa yang selama ini kurang disadari tentang faktor kegagalan pemimpin dalam mencapai tujuan-tujuan penting kepemimpinan, semakin terlihat jelas bahwa sumber masalah utamanya adalah pemimpin gagal melakukan komunikasi efektif. Pemimpin efektif dan komunikasi efektif adalah hal yang tak terpisahkan, karena apa pun yang dikatakan oleh seorang pemimpin selalu berdampak terhadap kepemimpinannya.
