Statistika Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi

Statistika merupakan kumpulan tata cara dan aturan-aturan yang menyangkut pengumpulan, pengolahan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data, sehingga disebut juga sebagai ilmu pembantu bagi bidang ilmu-ilmu lainnya, khususnya sebagai alat bantu dalam penelitian, baik dalam penyusunan model, pengumpulan data, penyajian data, analisis data, hingga membuat satu kesimpulan serta membuat generalisasi terhadap satu skop yang lebih luas.

Buku ini menguraikan secara detail berbagai alat bantu tersebut mulai dari pemahaman tentang statistika, penyajian data, peringkasan data, identifikasi karakteristik, dan pola penyebaran data, sampai kepada berbagai alat statistika untuk menganalisis data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data.

Dalam buku ini dijelaskan dasar-dasar hitung peluang yang merupakan modal utama dalam memahami statistika induktif untuk melakukan pendugaan dan pengujian hipotesis mengenai pola sebaran data. Selain itu, dijelaskan juga mengenai sebaran hipotetik peubah acak, berbagai sebaran diskret, sebaran normal yang merupakan sebaran paling penting dan mendasari semua uji hipotesis dengan statistika parametrik. Untuk mendapatkan sampel yang representatif, diperlukan metode yang tepat sehingga menggeneralisasi data sampel terhadap populasi menjadi tidak berbias, penjelasan tentang berbagai metode penarikan sampel juga dijelaskan sekilas dalam buku ini. Selanjutnya untuk analisis statistika induktif, diuraikan bagaimana penggunaan ANOVA, analisis regresi, koefisien korelasi, dan analisis data nonparametrik, serta di bagian akhir diuraikan contoh penggunaan piranti lunak statistika untuk pengolahan dan analisis data.

Penjelasan berbagai alat statistika dalam buku ini diupayakan melakukan penjelasan verbal dan lebih menekankan pada pemahaman tentang kegunaan alat dan bagaimana menafsirkan hasil analisis, dengan contoh-contoh yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam penjelasannya penggunaan rumus-rumus matematika diupayakan seminimal mungkin, meskipun pendekatan matematis tidak sepenuhnya bisa dihindarkan. Hal inilah yang menurut penulis dapat membedakan dari buku statistika lainnya yang banyak menekankan pada perhitungan dan matematika, sehingga banyak orang yang menganggap statistika itu tidak lebih dari sekedar penghitungan matematika biasa yang berhenti ketika perhitungan matematika selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s