Hemat Energi dan Lestari Lingkungan Melalui Bangunan

Apa yang terlintas saat kita berbicara mengenai lingkungan? Sebagian besar dari kita akan berpikir tentang kerusakan lingkungan dan krisis energi. Sebenarnya kondisi ini dapat diperbaiki dengan beberapa upaya. Salah satunya melalui bangunan dan lingkungan di sekitar bangunan. Kontribusi yang dapat diberikan setiap bangunan dan lingkungan sekitarnya memang tidak besar, namun faktor kelipatannya menjadi besar, karena setiap bangunan di muka bumi dapat berkontribusi.

Kekurangpahaman masyarakat mengenai aspek hemat energi dan lestari lingkungan pada bangunan menjadi kendala dalam penerapannya di lapangan. Untuk itulah buku ini ditulis, sebagai jembatan antara teori dan praktik, yang ditujukan bagi akademisi maupun masyarakat umum yang ingin berkontribusi pada kelestarian lingkungan dan energi. Tahap-tahap nyata dan langkah-langkah rinci yang dapat dilakukan setiap individu, keluarga atau kelompok pengguna bangunan untuk meminimalkan terjadinya krisis lingkungan dipaparkan dengan gambar-gambar yang lengkap. Adapun aspek-aspek yang tercakup meliputi:

• Pencermatan terhadap lahan

• Perancangan dan pemilihan material bangunan

• Sistem pengudaraan dan pencahayaan

• Produksi energi secara mandiri

• Tata vegetasi dan pengelolaan sampah

Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh bangunan dan lingkungan lestari di Indonesia, Asia Tenggara, dan Hongkong, guna memudahkan pemahaman dan penerapan hemat energi dan lestari lingkungan pada bangunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s